4. Adat- istiadat Kegiatan Laut : Pantainesia
4. Adat- istiadat Kegiatan Laut : Pantainesia

4. Adat- istiadat Kegiatan Laut : Pantainesia

Asal ide Pinggir laut Slili

Wisata Pinggir laut Slili

Pinggir laut Slili ada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pinggir laut ini berdampingan dengan dengan Pinggir laut Ngandong dan jadi pemisah antara 2 pinggir laut yakni, Pinggir laut Sadranan dan Pinggir laut Krakal yang dipisahkan oleh 2 buah busut.

Pinggir laut Slili hanya memiliki besar 100 meter persegi, cukup kecil untuk format sesuatu pinggir laut. Walaupun turis pinggir laut tidak gempar, tetapi tetap ada turis yang datang karena penasaran atau ingin menjelajahi semua pinggir laut yang ada di Gunung Kidul.

Asal mula julukan Slili berasal dari bahasa Jawa yakni Mlili, yang berarti mengalir. Untuk deskripsi warga dekat, lama itu ada seorang pencari rumput laut yang tidak terencana menghasilkan goa di pinggir laut.

Sehabis itu beliau memberitahu warga hal kedatangan goa ini. Setelah itu warga beramai- marak datang ke pinggir laut dan menggali goa itu. Beberapa lama sehabis itu sesudah penggalian, muncullah air mengalir dari goa itu. Dari tutur mengalir semacam itu warga bagikan julukan pinggir laut itu dengan julukan Pinggir laut Slili.

Harga Kartu Masuk Pinggir laut Slili

Harga kartu masuknya hanya Rp. 10. 000, sudah tertera biaya untuk masuk ke 9 pinggir laut yang lain yakni, Pinggir laut Kukup, Pinggir laut Baron, Pinggir laut Sepanjang, Pinggir laut Drini, Pinggir laut Sundak, Pinggir laut Krakal dan Pinggir laut Indrayanti.

Amat murah, terlebih sudah tertera pula biaya asuransi sebesar Rp 500. Biaya tambahan- nya hanya untuk parkir saja, masing- masing pinggir laut berbeda terpaut jenis kendaraannya pula.

Di sana pula terdapat beberapa alat sejenis kedai makan, yang sajikan hidangan khas olahan laut dan udang. Orang dagang Kelapa Muda, Apabila Kalian hanya cuma haus saja, Kalian bisa membeli kelapa di tempat orang bisnis ini.

Gazebo, untuk bersantai dan rehat sejenak sambil menikmati keelokan pinggir laut dengan suara gerakan khas laut dan angin yang sepoi- sepoi.

Kamar mandi, ini alat berarti yang harus ada, karena hampir semua orang membutuhkan kamar mandi untuk campakkan air kecil, campakkan air besar atau hanya cuma membasuh wajah dan wudhu.

Ada pula tempat untuk menyewa jaring, apabila kalian ingin bermain dengan ikan- ikan kecil. Kalian pula bisa menyewa jaring ikan di sana.

Terdapat tempat untuk menyewa perkakas snorkeling. Kalian bisa menyewa dan berharap pembimbing untuk memfokuskan Kalian di bagian mana spot yang cocok untuk melakukan aktivitas snorkeling.

Terdapat pula sesuatu mushola, yang digunakan berlaku seperti tempat ibadah buat para turis yang beriktikad islam.

Arah Membidik Posisi Pinggir laut Slili

Apabila Kalian membuka penjelajahan dari arah Kota Yogyakarta, ikuti saja kemudian rute yang membidik Wonosari. Sehabis itu membidik Pinggir laut Baron dan dari loket pembelian di Pinggir laut Baron ambil kiri membidik Pinggir laut Kukup.

Jalannya searah dengan Pinggir laut Drini, Pinggir laut Krakal, Pinggir laut Ngandong dan Pinggir laut Sepanjang.

Apabila sudah sampai di Pinggir laut Krakal, Kalian belok kanan di pertigaan- nya atau ikuti petunjuk alang yang membidik Pinggir laut Slili karena posisi Pinggir laut Slili berdampingan dengan Pinggir laut Krakal.

Mengenai Menarik di Pinggir laut Slili

Pinggir laut Slili Gunungkidul

Sejenis pinggir laut pada umumnya yang ada di Gunung Kidul, pinggir laut ini pula dihiasi dengan berbagai bermacam bentuk batu karang yang besar dan tebing- tebing yang menjulang besar.

Warga pula berkata pinggir laut ini dengan titel Pinggir laut Watu Lawang( pinggir laut pintu batu). Karena terdapat sesuatu pulau kecil yang di bawahnya terdapat sesuatu gang yang membandingi pintu.

Untuk penuturan warga, batu karang ini yakni pintu kerajaan Istri raja Pinggir laut Selatan atau yang sering kita dengar dengan titel Nyi Roro Kidul.

Sering- kali ada turis yang datang ke pinggir laut ini untuk melakukan semedi di batu karang.

Silahkan ikuti beberapa aktivitas yang dapat Kalian lakukan di pinggir laut Slili ini.

1. Menikmati Suasana Pantai

Pinggir laut Slili Jogja

Sejenis aktivitas pinggir laut pada umumnya, di Pinggir laut ini Kalian bisa bermain air di bibir pinggir laut, bermain pasir, difoto, menikmati keelokan pinggir laut, membeli hidangan atau hanya cuma bersantai.

Di sana pula sudah ada gazebo untuk bersantai dan kedai hidangan yang sajikan hidangan khas olahan laut dan udang.

2. Menaiki Bukit

Apabila Kalian berani, Kalian bisa naik ke atas Busut Kobengan yang ada di bagian timur pinggir laut.

Dari atas busut pemandangan alam pinggir laut akan jauh lebih baik karena bisa memandang seluruh pemandangan alam pinggir laut dari ketinggian.

3. Membekuk Udang

Mencari Udang Di Pinggir laut Slili

Apabila datang ke Pinggir laut Slili pada disaat era tandus, Kalian dapat ikut mencari dan membekuk udang yang ada di sela- tengah batu karang. Karena pada disaat era tandus pinggir laut ini ditumbuhi rumput laut yang jadi tempat bersembunyi atau terdampar- nya udang, ikan dan kijing.

Warga dekat pula akan dapat rejeki tambahan dengan mencari rumput laut dan kijing untuk di jual. Sebaliknya apabila era hujan tiba, warga memaksimalkan profesi- nya berlaku seperti orang bercocok tanam.

4. Adat- istiadat Kegiatan Laut

Pinggir laut Slili Gunung Kidul

Di pinggir laut ini tetap ada adat- istiadat kegiatan laut masing- masing tahunnya, yang diucap Sadranan atau Nyadran. Adat- istiadat ini di lakukan dengan angan- angan biar warga dekat mendapatkan keamanan dan memperoleh hasil panen yang berlimpah.

Biasanya warga menyiapkan sajian- hidangan sejenis nasi tumpeng komplit dengan lauk- lauk nya, ayam pakar, lendang hijau di tampah dan bermacam berbagai buah- buahan yang terdapat di sana.

Sehabis itu mereka naik kapal dan membidik ke tengah laut, untuk menghanyutkan sajian- hidangan itu ke tengah laut. Biasanya aktivitas ini di laksanakan untuk perhitungan Jawa yakni cocok pada hari Minggu Pahing.

Nikmatilah saat- dikala liburan yang asik di pinggir laut ini bersama keluarga atau kawan Kalian dengan semua keelokan dan semua tenaga tarik- nya yang ada. Janganlah kurang ingat untuk menghadiri pantai- tepi laut yang ada di sebelah- nya.

Karena hampir semua pinggir laut selatan memiliki keelokan pinggir laut dengan batu karang- nya yang amat bagus untuk jadi spot difoto.

Sedemikian itu penjelasan perihal wisata pinggir laut Slili Gunung Kidul Yogyakarta yang baik dan memesona. Apabila Kalian berjamu ke Yogyakarta, janganlah kurang ingat untuk singgah di pinggir laut Slili ini. Kalian pasti akan puas dengan keelokan alamnya.

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published.